Reportase Tentang Wisatawan Bencana


Fenomena Wisatawan Bencana

Reportasi - Pagi itu suasana sangat ramai di sekitar kawasan wisata di daerah merapi. Para wisatawan bencana yang berkunjung dan ada juga para relawan yang mondar mandir memberikan bantuan di lokasi korban bencana.

Ada hal yang unik pasca letusan dasyat pada tanggal 5/11/2010 yaitu adanya fenomena wisatawan bencana, hai ini terjadi karena keingin tahuan masyarakat yang ingin menyaksikan kondisi daerah dan para korban bencana di daerah sekitar merapi setelah terjadinya bencana.

Mereka yang datang tidak hanya dari warga Jogjakarta akan tetapi datang dari luar daerah, terlihat dari berbagai macam plat nomer motor dan mobil yang ada di parkiran tempat lokasi.
Sepertinya adanya fenomena wisata bencana di daerah bekas korban bencana gunung merapi memberikan dua dampak yang patut di mengerti. Ditinjau dari beberapa segi yang ada, misalnya :

Dari segi psikologis korban, mereka para korban akan merasa terhina, karena betapa tidak ketika para korban bencana sedang mengalami krisis, namun para wisatawan bencana malah senang-senang, ada pula yang asyik mengambil gambar di lokasi kejadian yang seolah tidak mengingat betapa berat penderitaan para korban bencana.

Dari segi kenyamanan, mereka para wisatawan yang datang sangat mengganggu jalannya para relawan yang membantu membawakan beberapa bantuan dari para penyumbang ke lokasi, karena saking berjubelnya para wisatawan, hal ini memberikan dampak yang buruk terhadap kondisi yang ada. Bahkan sampai hari ini, Minggu, 26 Desember 2010 jalan pun macet dan sulit terjadi mobilisasi ke daerah korban bencana.

Jika dirasa perlu fenomena wisatawan bencana tersebut perlu ada penanganan dari pemerintah setempat agar berjalan lebih baik, adanya reformasi di bidang perencanaan tata letak ruang parkir motor misalnya, akan lebih mengurangi kemacetan yang ada, dengan adanya space yang tersedia lebih luas.

Para wisatawan hendaknya lebih menunjukkan rasa simpati selain ingin berwisata, karena berwisata lebih bersifat senang-senang, sehingga menunjukan kepedulian terhadap para korban, agar tidak mempunyai kesan bersenang-senang diatas penderitaa para korban bencana.

Selaim berjubelnya orang-orang yang mengunjungi lokasi bencana, ada juga orang-orang yang masih mondar-mandir yang tidak lain adalah para relawan. Terlihat masih banyak para relawan yang datang di lokasi korban bencana pasca letusan merapi meski hal ini keadaan sudah membaik. Para relawan disini bertugas membantu pemulihan infrastruktur daerah pasca bencana serta beberapa memberikan sentuhan-sentuhan magic kepada anak-anak korban bencana dengan memberikan hiburan yang harapannya bisa sedikit melupakan luka psikis yang dialami oleh mereka.

Sedikit info tepat pada hari ini tanggal 26 Desember ada progam dari sebuah pabrik minuman yaitu EXTRA JOSS mengadakan uji mental di daerah kawasan merapi yang dihadiri ratusan calon relawan yang nantinya akan di seleksi oleh tim EXTRA JOSS.


Sebuah pesan dari saya untuk para korban bencana, semoga bisa memberikan insiprasi dan semangat untuk bangkit dari semuanya.
"Ketika mimpimu yang begitu indah tak pernah terwujud ya sudahlah, saat kau berlari mengejar anganmu dah tak pernah sampai ya sudahlah, apapun yang terjadi ku kan slalu ada untukmu, janganlah kau bersedih cause everthing is gonna be okay” BONDAN PRAKOSO

Tetap optimis untuk para korban bencana di merapi, segela sesuatunya sudah ada yang mengatur, tetap berfikiran positif dan kembalilah dan teruslah berkarya.

Merapi - Internet - 26 Desember 2010




Reactions:

0 comments: