Peluang Bisnis di Era Cyber 2 (Cara Mudah Berbisnis di Dunia Maya)



Enjoy is Talent, Creative is Habit and FOLLOW YOUR PASSION

Bersosialisasi melalui cyber space sudah menjadi hal yang biasa bagi anakmuda khususnya. Di era teknologi yang semakin maju ini sesuatu hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin dengan bantuan mesin pencari, hanya saja yang menjadi persoalan banyak dari mereka tidak memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. 

Seseorang yang mempunyai hobi musik akan sangat enjoy untuk melakukan kegiatan seni seperti, bermain gitar, menyanyi, membuat lirik lagu dan semcamnya yang berkaitan dengan hobinya tersebut. Begitu juga dengan hobi online seseorang itu akan sangat menikmati pekerjaannya, dan ini menjadi peluang bagi anakmuda dan Indonesia sebagai keseluruhannya yang bernotabenia termasuk negara pengakses internet terbesar untuk kawasan Asia.

Masih banyak masyarakat yang belum benar-benar mengoptimalkan fungsi dan manfaat dari dunia maya. Terlihat dari para penerus bangsa yang belum peka dan sadar akan tantangan hidup dimasa depan bahwa kehidupan haruslah menjadi tanggung jawab sendiri, bukan orang tua, saudara, oranglain bahkan negara. Masih banyak anakmuda yang berselancar di dunia maya hanya sekedar bermain jejaring sosial, membuka situs dari sisi negatif dunia maya, yang dimana hal ini menjadi keprihatinan orang tua, masyarakat berpendidikan dan sampai level pemerintah. Follow your passion dengan arti ikuti apa yang anda dambakan, yaitu ketika seseorang mempunyai passion berarti seseorang itu mempunyai talent (bakat).
Ketika perasaan enjoy tadi disatukan dengan kegiatan yang bermanfaat maka hasilnya tentu lebih baik karena seseorang tersebut tidak meresa berat dalam menjalani aktifitasnya, karna ia telah menemukan kedamaian dalam sebuah pekerjaan. Disinilah peran anakmuda memutar halauan dari arah yang tidak bermanfaat atau kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat. Suatu kegiatan yang terpaku pada layar komputer, berselancar mencari beragam informasi di dunia maya atau yang lebih akrab kita kenal dengan sebutan “ngenet” juga merupakan sebuah bakat, banyak orang tidak ingin berlama-lama karena tidak hobi, begitu juga sebaliknya.




Setiap generasi muda haruslah kreatif untuk mencari peluang karena dunia maya juga menghadirkan pesaing-pesaing yang handal dalam berfikir kreatif dalam mengluarkan ide-ide segarnya agar strateginya mampu menembus sasaran yang dituju, ada beberapa langkah untuk itu diantaranya, tetapkan tujuan. Seseorang yang memiliki titik fokus yang jelas maka gerak-geriknya, tindakan dan pandangannya juga akan tetap seperti yang dicita-citakan pada awalnya. Misalnya seseorang yang ingin memanfaatkan dunia cyber ini sebagai bisnis, maka tetaplah fokus untuk mencari informasi-informasi bisnis yang sedang digeluti, mencoba menerapkan strategi bisnis yang mampu menarik calon pelanggan dengan tampilan website yang menarik, posting-an kata yang meyakinkan salah satunya. Kejelian dalam memilih waktu menjadi kekreatifitasan yang dibutuhkan selanjutnya. Seorang pembisnis muda haruslah mengerti pergerakan pasar, apa yang sedang dibutuhkan pasar, tanpa mengesapingkan idealis ataupun malah menjurus kepada jurang kapitalis seperti yang banyak terjadi di dunia perfilman indonesia misalnya. Media cyber memberikan segala informasi untuk itu, selalu pantau info terkini dari dunia bisnis, pergerakan nilai tukar mata uang, serta peluang-peluang yang membuat lesatan jauh bagi kesuksean bisnis di dunia maya.
Reactions:

0 comments: