Peluang Bisnis di Era Cyber 1


Cyber Space atau lebih kita kenal dengan dunia maya memberikan segudang pilihan untuk kita miliki sebagai hasil dari apa yang kita cari. Mulai dari teman, dunia maya menghadirkan beragam media sosial yang pantas untuk digeluti oleh setiap orang yang ingin mencari relasi, ataupun yang hanya sekedar untuk ajang pertemanan. Dunia bisnispun juga ikut merambah ke dunia ini. namun dibalik itu semuanya, ada suatu kegiatan yang mengasyikan dan juga menguntungkan di dunia cyber, daripada hanya sekedar FB-an, coba deh lakukan ini  "Menulis".


Semua orang bisa menulis, namun masih banyak yang tidak mengambil kesempatan itu sebagai peluang perubahan nasibnya. Dengan tulisan, seorang jurnalis dari Irlandia Veronica Guerin membuka mata dunia dengan artikel yang dibuatnya mampu mengubah keadaan negaranya menjadi lebih baik, ia berhasil membasmi mafia pengedar narkoba yang sudah bertahun-tahun meresahkan negaranya. Seseorang bisa berjuang melalui tulisannya, begitupun kita sebagai pemuda harapan bangsa harus mampu berjuang untuk negaranya, minimal untuk dirinya sendiri terlebih dahulu dengan harapan tidak menjadi beban bagi negara dengan kemandiriannya yang nantinya akan berdampak terhadap kemakmuran dan kesejahteraan negara. Pemuda selalu dituntut untuk bisa mandiri yang artinya tidak bergantung kepada yang lain karena pemuda dinilai mampu bertanggung jawab atas segala aspek kehidupannya termasuk dalam kehidupan ekonominya. Oleh karena itu sebaiknya seorang pemuda sudah saatnya memanfaatkan peluang yang ada tanpa harus berpangku tangan karena didera pengangguran yang ternyata jika digunakan untuk menulis bisa merubah nasibnya.


Saat ini budaya menulis sangatlah kurang dikalangan pemuda. Masih belum banyak lahir jurnalis-jurnalis muda, penulis-penulis kreatif dari kalangan pemuda. Mereka yang giat dalam dunia tulis menulis masih tergolong sedikit karena kebanyakan mereka berfikir menulis adalah kegiatan yang kurang ber-profitable yang hanya sekedar share wawasan. Fungsi manifesnya yang banyak dilupakan oleh kebanyakan orang dan terkhusus oleh para pemuda yaitu kegiatan tulis menulis juga dapat mendatangkan peluang besar bagi penulisnya dalam bidang ekonomi (profitable).

Akan tetapi tulisan tersebut bukan sembarang tulisan namun ada beberapa syarat untuk menjadikan tulisan itu profitable. Pertama, tulisan itu harus berkualitas dan Kedua, tulisan itu diketahui oleh khalayak luas. Menjadi hal yang menarik  ketika tulisan yang mempunyai sisi kualitas itu berada di media yang dapat diakses setiap saat oleh setiap orang dimanapun mereka berada seperti internet. 
Dunia maya menjadi pasar komunikasi yang menjadi lalu lintas informasi diseluruh dunia, hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang tidak ada menjadi ada membuat dunia ini digeluti banyak orang karena keisitmewaannya yang menjanjikan. Cyber Space telah menjadi paradigma baru bagi kebanyakan orang dalam bersosialisasi, bermain, maupun berbisnis.

Nge-blog, membuat aktivitas online kita akan lebih bermakna, berlatih membuat press release di media surat kabar elektronik (kompas(dot)com misalnya) akan memberikan keutungan-keuntungan bagi kita sendiri, pertama, mem-brandingkankan diri kita sendiri (personal branding) bahwa kita adalah seorang reporter, seorang penggiat komunikasi, aktif dibidang pemberitaan, pembuat newsletter ataupun juga sebagai seorang penulis artikel di media cyber. Kedua, dengan memanfaatkan jejaring sosial, seperti facebook, twitter, plurk, koprol dan sejenisnya sebagai promosi, juga membuat kita dapat peluang untuk mendulang uang dari kegiatan online ini semakin mudah. Orang lebih suka untuk dilayani, tidak repot dan juga serba instan karena inilah dunia online hadir meawarkan itu semua. So, daripada hanya untuk online dan online yang terkadang hanya wasting time, yuk mulai sekarang ganti paradigma anda untuk melakukan yang lebih bermanfaat khususnya dalam hal peningkatan kemandirian ekonomi melalui bidang penulisan. 

Reactions:

0 comments: