Mutiara Dibalik Tebing



Pesona Pok Tunggal, Pantai Selatan Jogjakarta

Terletak di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul pantai ini memberikan pemandangan yang begitu indah yang amat sangat cocok untuk kegiatan berlibur dan refreshing. Dinamakan Pok Tunggal karena di daerah pesisir pantai tersebut terdapat satu pohon, tumbuh tidak begitu tinggi namun daya tariknya mampu memberikan sensasi yang luar biasa bagi pantainya. Pantai Pok Tunggal atau yang berarti “ pantai yang memiliki satu akar pohon (pohon)”.
Pantai ini tidak setenar dengan pantai-pantai selatan yang lain, seperti, Parang Tritis, Depok, Baron, maupun Sundak. Dengan kondisi jalan masuk yang kurang baik dan juga lumayan jauh untuk sampai ke lokasi, membuat keeksotisan pantai ini kurang diketahui. Medan cukup sulit, sehingga menuntut kehati-hatian setiap pengunjung yang akan melewatinya. Disebut demikian karena keadaan jalan masuk menuju pantai yang belum di aspal. 

Alhasil perjalanan ke pantai ini cukup memberikan tantangan tersendiri bagi wisatawan yang ingin mencobanya. Sekitar 500 m dari arah jalan raya, pantai ini bersembunyi di balik tebing-tebing yang kokoh dan hamparan kebun-kebun disampingnya  Dengan memakan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi, para wisatawan dapat menikmati suasana sawah-sawah, kebun yang asri serta kesejukan udaranya yang dapat menyegarkan pikiran yang semula penat untuk kembali fresh kembali. 
Medan untuk sampai ke lokasi memang tidak mudah. Akan tetapi hasil kerja keras untuk sampai ke pantai akan terasa terbayar lunas tuntas sesaat panorama Pok Tunggal yang menawan itu mulai terlihat dari arah kejauhan.


Keindahan pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai selatan yang lainnya, hanya saja keunikannya adalah kabutnya yang bertahan relatif lama. Kabut-kabut itu mulai muncul ketika malam menjelang sampai waktu pagi tiba.  Meski mentari pagi sudah menampakkan sinar-sinarnya, kabut-kabut itu tetap menyelimuti daerah pesisir pantai. Kira-kira sampai pukul 08.00 pagi barulah kabut-kabut itu mulai sirna. Kabut-kabut itu hanya salah satu keunikan pantai tersebut, yang tidak kalah uniknya dan juga menjadi ciri khas pantai adalah satu pohon yang tumbuh tidak terlalu tinggi namun mempunyai dahan yang cukup banyak sehingga pohon tampak luas karnanya. Keberadaannya memberikan kenyamanan untuk berteduh wisatawan ataupun sekedar diambil keeksotisannya dalam pengambilan gambar. Sadar atau tidak sadar hal itu telah menarik rasa penasaran wisatawan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya pemandangan pantai ini.


Ombak di Pok Tunggal terbilang cukup aktif, sehingga membuat pantai ini hidup dengan suara dan gerakan bolak-baliknya menuju ke pesisir pantai. Dibagian timur pantai terdapat posko yang terletak diatas tebing bebatuan yang dimana sangat elok untuk digunakan preewed session, foto panorama, atau yang hanya ingin sekedar menyaksikan keindahan ciptaan-Nya dari atas tebing. Pasir-pasir pantai yang berwarna putih, karang-karang pantai yang mulai terlihat ketika surut, para nelayan yang mulai beraksi, dan semua yang ada di wilayah ini mengukuhkan bahwa Pantai Pok Tunggal adalah mutiara panorama alam yang tersembunyi di balik terjalnya tebing karang  yang menjulang.

Untuk urusan homestay para wisatawan juga tidak perlu khawatir, karena di pantai ini sudah terdapat beberapa tempat peristirahatan lengkap dengan fasilitas-fasilitasnya, warung makan, tempat beribadah, tempat bersantai, ataupun juga kamar mandi yang cukup memadai dari segi jumlah dan kebersihannya.
Pantai Pok Tunggal juga sering dijadikan tempat bermalam bagi beberapa wisatawan yang ingin merasakan atmosfer malam di pesisirnya. Bagi anda yang tidak ingin cepat-cepat meninggalkan pantai ini, bermalamlah dan coba rasakan suasana malam yang berkabut itu dengan diterangi oleh cahaya bulan dan sesekali oleh bintang jatuh yang bergerak cepat diangkasa. Namanya belum menggaung luas, tetapi keindahannya sudah menggema di telinga-telinga para calon wisatawan pantai Pok Tunggal yang membaca tulisan ini, selamat berlibur, Jogja aman bagi wisatawan.


Salam Fresh !

Reactions:

0 comments: