Ada Apa Dengan PES 2013 ?

Dimainkan di pagi, siang dan malam hari, sampai-sampai lupa makan dan mandi demi mengejar kesenangan sesaat. Para pecandu PES ini sangat menikmati permainan di depan layar berapi meski harus berjam-jam, mengeluarkan kocek yang lumayan mahalnya (1 jam 5000) jika bermain di rental, ataupun yang bermain dirumahya sendiri. Hidup gamers !

Para gamers sendiri mungkin sudah banyak yang tahu kalau PES 2013 baru saja dirilis sekitar 2 bulan yang lalu, namun sudah merasakan sensasinya kah? Kalau belum coba mainkan PES 2013-mu dan nikmati sensasi luar biasanyanya dengan format team yang lebih up date, skil-skil baru yang ciamik dan grafis yang lebih menawan.

PES sendiri di besut oleh KONAMI, sebuah perusahaan game terkemuka di jepang yang bergerak dalam pengembangan jenis jenis game “sport”. PES di kembangkan di dua perangkat, pertama di PS (playstation) dan yang kedua di PC. Bagi mereka yang gemar bermain game sepakbola pastinya semua sudah mengenal apa  itu PES. Pro Evolution Soccer atau yang lebih akrab dengan singkatan PES, adalah model game bergenre sport yang dari dahulu hingga sekarang sangat digandrungi oleh para remaja dan bahkan sampai orang tua yang menyukai sepak bola, terutama kaum adam. Permainan ini mengandalkan taktik dan teknik untuk bisa memenangkan pertandingan.

Di dalam perkembangannya, PES sudah mengalami beberapa kali metamorfosis. Berikut beberapa screen shot PES dari masa ke masa  :

PES 2006

Internet














PES 2009

Internet












PES 2010

Internet













PES 2011


Internet










PES 2012
Internet









PES 2013

Internet
Di setiap edisinya, perubahan yang paling menonjol adalah transfer pemain (itu pasti, hehe), jumlah klub serta tampilannya grafisnya yang semakin mendekati real. Seperti yang saya baca di artikel, GameXeon melansir, bahwa PES 2013 menawarkan skill bermain yang jauh lebih tinggi, yang dimana hal ini merupakan salah satu keunggulan dan juga perkembangan yang lebih sempurna dari yang sebelumnya. Gocekan CR 7 yang menawan atau Messi yang bergerak begitu meliuk-liuknya di hadapan lawan, bisa teman-teman rasakan disini.Namun ya itu, dibalik up datenya fitur-fitur tersebut, untuk bagian grafisnya masih sama saja dengan yang sebelumnya alias tidak terlalu mencolok. 

DUEL 

Sebenarnya, game sepak bola bukan hanya PES saja, tetapi masih banyak yang lain. Sebut saja pendahulunya, winning eleven. Winnig eleven atau lebih dikenal WE ini sudah lebih dulu menghibur kalangan gamers yang berjiwa bola sepak. Namun diantara keduanya terdapat banyak perbedaan. WE lebih dikenal dengan permainan yang menuntut pemainnya memainkan permainan yang bersih dan indah. Teman-teman akan lebih sering mengalami sesi pelanggaran di tengah asyiknya bermain, entah itu melanggar ataupun dilanggar. Jadi harus hati-hati dalam mengaplikasikannya, dan sepak bola indah pun menjadi harapannya.

Namun gaung WE saat ini sedang anjlok, pamornya kalah dengan PES ataupun FIFA. Menelaah sedikit tentang FIFA, FIFA merupakan salah satu pesaing kuat PES dalam merebut hati para gamers yang dimana game ini juga menyuguhkan genre sport sebagai labelnya setelah WE.

FIFA yang juga meluncurkan game seri terbarunya, membuat para gamers bertanya-tanya, manakah yang lebih baik? PES atau FIFA? Sepertinya persaingan diantara keduanya sangat kental untuk saat ini. FIFA 2013 versus PES 2013 mana yang akan anda pilih? Semuanya mempunyai keunikannya masing-masing. 
Internet

FIFA merupakan game besutan Electronic Arts (EA), sebuah perusahaan game dari California, US.  Menurut berita yang dilansir GameXeon juga (GameXeon teruuus, hehe), FIFA lebih menonjolkan format team daripada skil bermain. Jadi, di FIFA teman-teman akan menemukan format team yang lebih baik daripada yang ada di PES. Semuanya akan tahu sensasinya jika sudah sering mencoba memainkan diantara keduanya. Entah mengapa saya lebih menyukai PES, karena bagi saya PES lebih simple dan cocok di mata maupun di hati. lebaaaaay

Kalau teman-teman ingin mengetahui lebih dekat, ini ada video trailer yang memberikan gambaran singkat tentang perbandingan karakter keduanya :





Reactions:

2 comments: