Blackberry dan Android Bermusuhan



Tergantung Kebutuhan


Jika kita di hadapkan dengan dua pilihan, sering kali kita merasakan kebingungan karena keduanya mempunyai keunggulan sendiri-sendiri. Hal ini pun akhirnya sempat juga saya rasakan ketika akan memilih gadget cangih masa kini.

Blackberry versus Android menjadi topik saya kali ini. Melihat sekumpulan komunitas yang sangat anti dengan Blackberry (anti BB) membuat saya tertaik untuk menarik kesimpulan sedehana yang bagi saya biasa saja namun semoga informasi dari ulasan singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama yang mungkin belum begitu paham, bagi yang sudah paham semoga bermanfaat untuk menambah refrensi pengetahuannya di bidang ini.

Bukan memandang dari segi pribadi, saya adalah konsumen keduanya dan tidak layak bagi saya untuk menjelekkan salah satu ataupun membaikkan diantara keduanya. Sekarang, kedua OS (Operating system) Android maupun Blackberry (BB) sedang melanda mode teknologi komunikasi di dunia yang serba canggih ini. Artinya gadget masa kini ya yang bersistem operasi BB atau android, itu saja. Namun yang menjadi permasalahan masih banyak yang bingung dalam memilih diantara keduanya. Bahkan adanya komunitas anti BB yang pernah saya ketahui, membuat saya bertanya, apa sih yang melatarbelakangi pemikiran mereka? Mereka mengeklaim bahwa gadget yang OS nya Android jauh lebih baik, padahal tidak seperti itu. Agar semua tidak dirugikan maupun diuntungkan maka harus jeli dalam melihat persoalan ini. Bahwa Android dan BB itu sama saja, semua mempunyai kelemahan dan keunggulannya sendiri.

Seperti judul yang saya tulis, semuanya tergantung kebutuhan, mengapa begitu karena setiap orang mempunya masing-masih hobi, passion, kebiasaan, kesukaan yang berbeda-beda. Bagi yang suka online, yang suka bersosial media lewat cyberspace BB menjadi pilihannya, bagi yang suka nge-game suka membuat aplikasi Android pilihannya.




Blackberry

Blackberry messenger (bbm) atau sebuah fasilitas chatting bagi penggunanya, menarik bagi mereka yang gemar ngobrol via chat ataupun mereka yang ingin berjualan via online misalnya. Hal ini menjadi keunggulan bagi BB, namun disamping keunggulan tersebut juga perlu tahu kondisi jaringan, kita tahu fasilitas ini membutuhkan koneksi jaringan yang bagus kalu tidak maka lelet menjadi momok tersendiri bagi penggunannya.


Selain itu BB mempunyai keunggulan dengan layanan push e-mail nya. Dengan itu bagi rekan-rekan yang sibuk atau mempunyai mobilitas yang tinggi, bisa memilih BB sebagai prioritas komunikasi yang cepat. Layanan ini membuat kita merespon e-mail lebih cepat.

Di balik keunggulannya, OS BB yang canggih tersebut ternyata tidak bisa dipakai disembarang gadget. OS itu hanya bisa dipakai di gadget BB dan yang kita tahu harga gadget ini masih terbandrol dengan harga yang relatif tinggi. Market BB ribet dan tidak semuanya gratis, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu sebelum berselancar di app world untuk mencari aplikasi, game ataupun tema. Di dalamnya tersedia banyak aplikasi namun yang bersifat for free jumlahnya sedikit. Model gadget BB juga lebih membosankan karena kurang bervariasi, so de cois dipen ur “selection”






Android

OS yang satu ini tidak akan pernah membuat penggunannya bosan, mengapa? Kita tahu OS Android berbasis Linux yang dimana di dukung penuh oleh google. Sehingga aplikasi youtube, gmail, google dll bisa kita genggam mudah di OS ini. Game yang menarik dan bervariasi bisa rekan-rekan dapatkan disini. Jadi, kalau masalah game (permainan) android menjadi pilihan saya. Bermain aplikasi ataupun nge- game bisa di nikmati dengan sensasi yang lebih puas di OS android daripada yang ada di BB.
Market di android pun juga tidak ribet, karena memang OS ini berbasis Open Source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat atau bahkan memakai aplikasi secara gratis “for free for all”. Namun ada tapinya, karena gratis terkadang merasa tidak nyaman, ketika tengah asyik bermain game tiba-tiba muncul iklan, naah akhirnya semua tergantung kepada anda.
Untuk fitur android ada fasilitas chatting sebagai bandingan dengan bbm yaitu Whatsapp, namun untuk fasilitas chatting saya memilih yang bbm. Sekarang hampir semua ponsel yang mengusung OS android, Sony, LG, Samsung dkk, dan harganya pun lebih terjangkau daripada BB.
Sekarang kita lebih tahu, bahwa setiap gadget mempunyai ciri khas dan manfaat di bidangnya masing-masing.

Akhirnya, selamat berfikir kembali, dan ....selamat memilih
Reactions:

0 comments: