Mengenal Lebih Dekat Dengan Internet


Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu online, apa itu chatting, downloading, up loading dan yang lain sebagainya, yang kesemuanya adalah aktivitas dunia maya sekaligus menjadi sebuah istilah akrab yang harus diketahui para netter. Namun, ada beberapa hal yang ingin saya bagi bersama dengan anda tentang istilah-istilah ITC ( information and communication technology yangsemoga bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan kita di bidang teknologi

Berikut istilah dan beberapa penjelasannya :

WWANs atau Wireless Wide Area Network

Suatu teknologi yang memungkinkan untuk membangun koneksi jaringan tanpa kabel di suatu daerah yang sangat luas. Teknologi ini dikenal dengan 2 G. GSM dan CDMA termasuk inti dari sistem ini, GSM atau Global System For Mobile dan CDMA ( Code Division Multiple Access).

GSM mempunyai kelebihan jaringan yang luas, namun bisa disadap dan menghantarkan frekuensi yang cukup besar 1,5 watt menjadi kekurangannya. CDMA tidak bisa disadap dan frekuensiyang dihantarkan hanya 0,2 watt.

Teknologi ini dipakai dengan skala yang luas, contoh jaringan antar negara.

Wireless sendiri adalah istilah jaringan komunikasi yang dibangun tanpa kabel. Selain WWANs, ada juga WPANs, WLARLs dan WMANs yang skala dari jaringan-jaringan ini masih di dalam ruang lingkup yang kecil.

WPANs atau Wireless Personal Area Network

Suatu jaringan yang dibangun secara personal atau pribadi. Contohnya antara Telpon Seluler dengan Laptop dengan menggunakan IRDA (The Infrared Data Association ) dan Bluetooth.

WLARLs
Suatu jaringan tanpa kabel yang terhubung dalam suatu area yang bersifat lokal, contoh jaringan yang dibuat di dalam sekolah, kantor ataupun gedung.

WMANs atau Wireless Metropolitan Network Area
Suatu teknologi jaringan tanpa kabel yang memungkinkan penggunannya berkomunikasi data dalam suatu kota atau metropolitan. Misalnya, jaringan antar kantor atau antar universitas.

ISP atau Internet Service Provider


Dial up

Dial up, fungsinya menghubungkan pengguna ke penyalur (ke penyedia internet). ISP yang saya ketahui, ada telkomnet (ada disetiap cabang kabupaten dan kecamatan), Indonet, Speedy Madiun, Reog Online (beberapa ISP yang ada di kampung halaman).
Selanjutnya, ada Modem yang berfungsi sebagai perantara komputer atau perangkat lainnya dengan pesawat atau kabel telepon. Disini modem berperan sebagai perubah sinyal, dari sinyal suara menjadi data


Broadband (3G)
Suatu teknologi yang mampu mendukung banyaknya frekuensi. Mulai dari data, suara maupun video.
Ciri-cirinya :
Speed access (kecepatan akses tinggi)




Yah, mungkin ini saja dulu dari saya, semoga bermanfaat :D


Reactions:

0 comments: