Recommended Game For Our Children

Haloo semuanya

Apa kabar? Kali ini saya akan mengulas tentang permainan nih

Buat adik-adik kita yang gemar bermain game console ada baiknya buat menyimak hal ini, hmm orang tua juga wajib tau sih ^^

Game yang akan di bahas adalah Game PS 2 yang berjudul “Harvest Moon”. Game ini tidak mengajarkan kekerasan, dan sangat pantas menjadi pilihan bagi orang tua yang mungkin khawatir juga dengan banyaknya game yang kurang mendidik, penuh dengan kekerasan, pembunuhan dan beberapa pendidikan karakter yang tidak menunjukkan contoh yang baik di era majunya teknologi seperti saat ini. Karena anak-anak cenderung belajar dari apa yang ia sukai, jika dia suka dengan musik sejak kecil kelak besarnya akan mencoba belajar bermain alat musik, begitu juga dengan game, game sedikit banyak akan mempengaruhi karakter buah hati anda yang masih polos itu. Karena game sekarang telah menjadi bagian dari kehidupan di hampir semua golongan umur apalagi anak-anak kecil di era serba teknologi ini.

Game yang satu ini lebih menonjolkan sisi kehidupan. Seseorang anak yang di beri amanat orang tuanya untuk menjaga pekarangannya, mengolahnya dan yang akhirnya melanjutkan hidupnya sebagai seorang petani yang bersikap ramah terhadap semua orang. Ulasan singkatnya, game ini bercerita tentang perjalanan seorang anak agar bisa menjadi pribadi yang super, karena meski sendiri dia bisa mengelola semuanya dengan tepat dan cepat.

Supel dan Rajin menjadi ciri khas game ini. Setiap hari kamu harus rajin mengecek jumlah pakan ternak, menyiram kebun yang kesemuanya di butuhkan keteraturan yang tinggi. Karena disetiap harinya kamu tidak hanya mengurus kebutuhanmu saja, melainkan terkadang kamu harus membantu orang lain. Seperti contoh dalam game ini ketika kamu membantu karakter Galen (tetangga kamu) yang bersedih karena ditinggal mati istrinya. kamu terkadang juga diminta membantunya untuk menggosok batu nisan Nina (istrinya). Tidak hanya itu kamu dapat menghasilkan uang salah satunya dengan kegiatan menambang. Dalam kegiatan ini keteraturan juga harus diterapkan, karena tempat penambangan mempunyai waktu buka dan tutupnya. Sehinga harus cerdas dalam bertindak karena semua harus tepat waktu.

Game ini merupakan game yang berkelanjutan loh, di PS 1 sebenarnya game ini mulai diperkenalkan. Namun di awal peluncurannya masih banyak kekurangan, terutama dari segi grafisnya. Berawal dari game nitendo (game cube) yang akhirnya berkembang menjadi PS 2 membuat grafisnya menjadi lebih sempurna dari yang sebelumnya. Di terbitkan oleh NATSUME yang merupakan perusahaan game di Jepang yang mengusung jenis-jenis game yang benar-benar fun, berorientasi keluarga dan menarik di setiap serial gamenya .

Begini tampilannya

harvest moon game



Game yang akhirnya di kembangkan oleh Victor Interactive Software / Marucome di era PS 2 semakin mempertajam eloknya grafis permainan yang akhirnya membuat tampilan karakter yang lebih tajam dan mendekati real. Model permainan harvest moon sendiri “one player” cuman satu orang. Jadi tidak bisa dimainkan lebih satu orang, harus bergantian deh kalau temannya mau ikut main, sehingga kalau dibuat untuk berdua seperti bermain sepak bola, atau bermain balap mobil itu tidak bisa. Kakak ingin merekomendasikan yang seri A wonderfull Life. Di seri ini lebih menarik dari yang seri harvest moon lainnya, karena perkembangan karakter tetangga ataupun grafisnya sudah lumayan seru. 

Oh iiiiya, sebelumnya kakak beri tahu dulu sedikit informasi dari game ini deh, nanti setalah itu kita bersama-sama mengulas lebih dekat tentang isi gamenya ya, hmm, namun cuman sekilas tentang karakternya saja loh, bagaimana perawakannya, kesukaannnya, trus hal-hal yang bisa di dapatkan darinya beserta manfaatnya.
Berikut ,. . .

Karakter kamu


Kamu (namamu)

Ini adalah karakter utamanya, adik-adik bisa memberikannya nama, dan dia akan bertindak sesuai perintahmu. Dia adalah pemilik pertanian, pindah ke Forget-me-not Valley (daerah tempat tinggal) untuk memulai hidup baru. Kamu adalah anak dari sahabat sekaligus sepupu Takakura yang telah lama meninggal. Kamu dapat menikah diakhir tahun pertama dan akan memperoleh seorang anak laki-laki. Diakhir tahun ke-enam, kamu akan meninggal dunia dan putramu akan mewarisi segala pertanianmu.


Celia      
                       
Salah satu dari tiga gadis yang dapat kamu nikahi. Gadis ini belum lama pindah ke daerah ini dari tempat yang amat jauh, orang tua dan kakaknya masih hidup. Sifatnya agak kekanak-kanakan, dan juga sedikit pendiam. Dia sangat suka alam. Dia juga sangat ramah kepada semua orang.

                              Kesukaannya             : Semua bunga, artifak tanah liat, kristal, Star Milk S, Mushroom     Curry, Strawberry Cake. 

Hal yang tidak disuka    : Tulang, 

ketika kau menggodanya berikan Blue Feather



Muffy

Salah satu gadis yang dapat kamu nikahi. Dia biasa bekerja sebagai sekretaris di kota, tapi sekarang dia tinggal di Forget-me-not Valley dan bekerja paruh waktu di bar. Sifatnya yang ingin tahu membuatnya selalu penasaran dengan dunia luar dan ingin bepergian. Gadis ini kadang-kadang agak centil, tapi dia supel dan sangat ramah. Dia pernah gagal dalam hubungan cinta dimasa lampau, karena katanya dulu orangtuanya bercerai sehingga Grifin mengangkatnya sebagai anak. Grifin adalah anak dari paman Muffy (adik dari ayah Muffy), jadi Griffin adalah sepupu Muffy.
Kesukaannya            : Bunga, bunga Amorous (tumbuh dekat kolam kura-kura di musim dingin), koin kuno, benda apapun yang bersinar, mentega, fruit punch, sup kentang manis, pie stroberi, es krim.
Hal yang tidak disukai    : Tulang, ikan tertentu (misalnya Colombo)



Nami

Gadis yang menjadi pilihanmu yang lain untuk dinikahi. Dia adalah gadis petualang, pergi kapan pun dia mau dan melakukan apapun yang disuka. Nami begitu ramah, namun bermasalah pada tingkah laku. Nami hanya berencana tinggal di Forget-me-not Valley untuk waktu yang singkat, tapi kamu bisa mengubah pikirannya.
                            Kesukaannya                         : Semua bunga yang tumbuh di musim gugur, artefak tanah liat, fosil tengkorak, koin perak, sup kentang manis, omelet, bumbu kari.
Hal yang tidak disukai         : Bunga, kristal, masakan yang tidak enak.



Takakura  

Dia adalah teman lama ayah dari karakter kamu, dia yang mengurus dan membantu kebunmu. Orang tua yang sangat membantumu dalam mengolah perkebunanmu. Kalau kamu bingung bagaimana sih caranya memeras susu sapi misalnya.
Kesukaannya            : Masakan rumah
Memberi             : Tartan (Tanaman yang dapat berbicara,berguna untuk mencampurkan dan mengkombinasi bibit)



Tim         
 
Dia adalah pemilik penginapan, berbadan gemuk yang sehari-hari bekerja mengolah usaha penginapan. Dulunya seorang pengelana yang suka berkeliling dunia
Kesukaannya        : Ikan dan sayur-sayuran 
Memberi                : Cangkul




Ruby 

Dia istri dari Tim, seorang ibu yang pandai memasak.Sangat perhatian pada anaknya,kegiatannya dihabiskan di dapur untuk membuat masakan
Kesukaanya          : Bunga, susu, mentega, permata dan masakan rumah   
Memberi                : Resep masakan





Galen  

Dia adalah kakek tua dengan pakaian warna cokelat. Pada tahun kedua setelah ditinggal istrinya menjadi kakek yang pemurung.
Kesukaanya            : Ikan, sayur dan buah-buahan
Memberi                : Kail


Nina  

Dia istri Galen, nenek tua yang sakit-sakitan. Penyakitnya mulai parah sehingga membuat dia harus berada di rumah.
Kesukaannya        : Bunga 
Memberi                : Resep masakan




Dr.Hardy 

Dia adalah seorang dokter dengan penutup mata, wajahnya terlihat seram namun sebenarnya dia orang yang ramah. Selalu memeriksa rutin kesehatan Nina.
Kesukaan              : Ikan, koin dan fosil
Memberi                : Sabit


Grant  

Dia seorang pekerja kantoran, terlihat sibuk dengan pekerjaannya. Orang yang sangat disiplin waktu.
Kesukaan              : Susu, telur dan ikan
Sesuai dengan karakternya yang teratur dia memberi Jam alarm





Samantha 
 
Dia istri dari Grant, ibu-ibu yang sangat ramah.
Kesukaanya          : Bunga, susu dan sayur-sayuran
Memberi                : Resep masakan






Wally 
 
Ia seorang mantan atlet pelari, berambisi agar anaknya mengikuti jejaknya. Orang yang selalu penuh semangat dan ceria.
Kesukaanya          : Telur, susu, ikan dan koin
Memberi                : Pencukur Wool

Kamu bisa menemui dia untuk mencari pencukur wool, karna pasti kamu akan membutuhkannya untuk mencukur bulu domba-domba di peternakkanmu.

Romana 

Pemilik rumah besar. Dia sangat bersahabat dan cukup dekat dengan cucunya, Lumina. Romana dan Sebastian adalah salah satu orang yang pertama kali datang ke lembah. Romana adalah orang terkaya didesa tersebut.
Kesukaannya : Bunga, jeruk, susu, rekaman, kristal, koin emas, artefak tanah liat, kue tar Ramura.
Hal yang tidak disukai: Keju, ikan

Jadi jangan diberi keju sama ikan, nanti malah enggak membuat mereka seneng looo


Sebastian 

Dia seorang penjaga dan koki di villa milik Romana. Orang yang sangat sopan dan ramah.
Kesukaannya        : Koin,fosil kuda,fosil,patung orang
Memberi                : Resep masakan





Cody  

Adalah seorang seniman, namun dengan dandanan yang telihat mencolok ternyata dia adalah seorang yang pemalu. Tips buat adik-adik, sering-seringlah memberikan hadiah padanya ^^.
Kesukaannya        : Bunga, telur, fosil dan Permata
Memberi                :  Sabit, Patung logam

Gustafa  

Kalau yang ini karakter favorit kakak, unik dan juga seorang yang suka main gitar setiap saat. Seorang musisi yang periang dan dapat juga menjadi sahabat yang baik loh adik-adik.
Kesukaannya        : Bunga, koin, patung, permata dan masakan kari
Memberi                : Gendang kecil

Vesta 

Dia adalah penjual bibit tanaman, memiliki tumbuh tinggi besar. Juga menjadi seorang kakak bagi celia. Tidak terlalu ramah tapi hatinya baik. Dia jarang meninggalkan pertaniannya.
Kesukaannya        : Bunga, susu, sayuran, buah-buahan dan masakan kari 
Memberi                : Resep masakan,Cangkul







Flora 

Dia asisten dari Carter, tinggal bersama di tenda milik Carter juga.Ia sangat membantu dalam situs penggalian ini.
Kesukaannya        : Ikan, keju, bunga,fosil dan patung
Memberi                : Kalung





Kurcaci 

Memberi                : Bulu biru


Hmm, setelah adik-adik sedikit banyak sudah mengetahui karakternya masing-masing sekarang kita mengulas bersama-sama yuk . .
Dari sedikit infomasi yang sudah kakak ulas diatas, ternyata kita harus bisa membuat orang lain senang agar kehidupan kita juga menyenangkan karena akibat dari sikap kita yang ramah kepada orang lain. Dengan kamu bersilaturahmi, bersosialisasi maupun juga dengan banyak memberikan hadiah kepada orang lain ( jika kamu mempunyai makanan berlebih contohnya atau sekiranya tidak membutuhkan *seperti di kehidupan harvest moon game) akan membuat kehidupan terasa indah. Seperti kata mutiara ini, the more you give is the more you get  yang berarti seberapa banyak kamu memberi, seberapa banyak pula yang akan kamu dapatkan ^_^.


Ibu-ibu atau karakter wanita adalah sosok mayoritas yang bisa memberikan kamu sebuah resep makanan. Karena di tahun-tahun awal kehidupan harvest moon, kamu akan mengalami kesulitan dalam hal memasak. Seringkali masakan yang kamu buat tidak enak yang akhirnya bisa disebut dengan masakan yang tidak enak. Maka dari itu sering-seringlah bersosialisasi, mengobrol dengan mereka yaa. Berbicara soal mengobrol atau bersosialisasi, ternyata hewan ternakmu juga butuh perhatian loo, jadi semakin sering kamu perhatian dengan semuanya, kepada tetangga, binatang dan alam maka kehidupan kamu akan penuh dengan cinta.

bersosialisasi

memperhatikan sapi
Intinya, dengan mengetahui informasi kamu akan mendapatkan penghasilan yang lebih. Kuncinya adalah komunikasi dan mengetahui segala hal tentang event yang ada. Dengan berkomunikasi dengan tetangga, kamu akan mengetahui hal-hal yang akan diadakan di daerahmu. Dengan mengetahui event-event yang ada kamu bisa memanfaatkan hal itu dengan sebaiknya. Sedikit bocoran nih, pada tanggal-tanggal tertentu di dekat pantai ada event jual beli. Nanti akan ada seseorang yang membuka lapak untuk menjual barang atau membeli barang yang telah disediakan olehnya. Disanalah kamu bisa memperoleh uang lebih banyak dengan menjual hasil tambang ataupun hasil pertanianmu. Tanpa bersosialisasi  tidak pernah tahu.

Sebuah permainan yang mengajarkan akan pentingnya ilmu komunikasi dan kedisiplinan yang tinggi ini telah selesai kakak ulas. Yang menjadi harapan kakak, semoga game ini bisa menjadi contoh buat adik adik semua di dalam keseharian. Yang rajin, yang tepat waktu, yang ramah kepada teman itu semua harapan kakak kepada adik-adik. 


Game ini mengajarkan kepada kita semua akan model pribadi yang mempunyai kepekaan sosial yang baik dan rajin di dalam kehidupan yang sangat wonderfull ini. Kebiasaan di dalamnya bisa membuat pola pikir anak menjadi semakin terbuka karena saling bertukar informasinya satu sama lain.
Oh iya, biar lebih paham tentang game ini, bagaimana cara merawat ternak, membajak sawah sampai menambang adik-adik bisa membeli bukunya, atau pinjam saja ke teman yang mungkin hobi juga dengan game yang lucu ini.




Di dalam buku ini ada trik-trik, informasi dan segala hal yang berkaitan dengan game
Semua anak yang ingin menjadi pribadi yang mandiri sejak kecil boleh mencoba mengambil hikmah dari game ini, melatih kemandirian sejak dini kan bagus dan harus di terapkan agar besok kedepannya lebih siap dan matang ketika sudah besar nanti



Reactions:

0 comments: