Lowongan Kerja Social Media Spesialis

Dewasa ini perkembangan dunia maya sangatlah signifikan, terutama mulai munculnya posisi Social media Spesialist, beberapa perusahaan membutuhkan sosok yang benar-benar memiliki keampuan di bidang tersebut. Sebut saja kompasiana.com milik PT Kompas Gramedia, Kapanlagi.com,  hingga salah satu PT Properti yang ada di Jogja (saya sempat melamar disitu) dan mungkin teman-teman juga pernah menjumpai hal serupa di bursa kerja saat ini

Sosial media atau jejaring sosial telah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang apapun melalui sosial media. Terus apakah sosial media membawa dampak positif untuk pekerjaan?

Cekidot

Posisi ini menuntut pekerjanya untuk memahami, situs yang berkaitan, mulai cara penggunaan, sampai mengerti karakteristik komunikasi yang dibangun di dalamnya, misal, bila di FB atau twitter yang sudah kita kenal ada istilah trending topic (twitter) dan FB (berita populer). Terus kalau media sosial (medsos) yang lain? nah kita harus peka, kita harus literasi apa yang sering dibicarakan di medsos itu.
Sumber - Internet



Selain itu juga dituntut untuk menghidupkan karakteristik psikologi pembacanya, semisal nih, salah satu portal infotainment itu butuh pengunjung yang aktif. aktif disini adalah tidak hanya sekedar mengunjungi namun lebih daripada itu bisa meninggalkan comment di lamannya. Oleh karenanya mereka butuh seorang flammer. dari bahasanya berarti orang yang suka ngompor2i haha...flame = api. orang tersebut kudu pintar membakar psikologi pembaca, membuat opini, asumsi yang nanti endingnya bisa membuat laman mereka semakin hidup dan ramai dikunjungi. Contohnya kek gini, semisal seorang artis digosipin yang buruk gitu ya, nah tugas flammer kudu membuat opini yang baik, begitu juga sebaliknya, contoh kecilnya seperti itu. Dan kemudian cara ngasih opininya via comment, bisa lewat fb, twitter (sekarang kan udah gak jaman kasih comment via e-mail) hahaha.

Selain itu juga mengerti waktu psikologi pembaca, jam sekian enaknya nge-share berita yang apa dan bagaimana. Dibawah ini ada contoh beberapa media sosial yang mungkin belum begitu familiar ya hahaha, sekalian aku kasih link profile-ku siapa tahu mau berteman, maklum sepi teman dari indo nih

spring.me (Semacam ask.fm tapi terlalu kepo)
http://new.spring.me/#!/user/auliasupport

mindtalk.com (jejaring sosial buatan anak bangsa ni, lu musti bangga)
http://www.mindtalk.com/u/auliasupport

Plurk



Kalau pengen temenan di media sosialku yang lain ada di kanal blog bagian kanan bawah yokkks :)


Yah sekian dulu ulasan singkatnya, semoga bermanfaat.


Reactions:

0 comments: