Cara Menikmati Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016

Beribu-ribu losmen telah habis di booking, menurut salah satu koran harian terkemuka di Indonesia, pun juga berita di televisi, hotel-hotel telah penuh di pesan oleh beberapa orang yang meskipun beberapa sudah menyentuh jumlah yang tidak sedikit hanya untuk menikmati saat-saat gerhana matahari itu terjadi.

Beragam  cara untuk menikmatinya, dengan persepsi dan sensasi masing-masing orang cara yang terjadi juga bervariasi. Ada yang menikmati bersama pasangan (keluarga), orang tua, adik maupun kakak sampai dengan merenung memikirkan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan fenomenal yang sangat dahsyat dengan sujud tunduk kepadaNya.

Bagi yang memiliki cara atau tertarik dengan yang saya sebutkan di opsi terakhir, brarti itu mungkin bisa jadi cara yang paling nikmati untuk benar-benar menikmati fenomena ini.

Sholat Khusuf atau kusuf, adalah sholat gerhana, ibadah sholat ini bukan dimaksudkan untuk menyembah bulan atau matahari, tetapi adalah Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakan alam raya ini dengan garis edar yang sedemikian rupa detailnya.

Mari kita merenung sejenak, apa yang terjadi bila antara garis edar satu dengan yang lainnya crush ? Kemungkinan besar akan terjadi tabrakan antar bintang dan menciptakan kehancuran, dan bumi yang menjadi hunian kita sekarang bisa jadi menjadi incaran bintang-bintang yang sedang bertabrakan atau bahkan bumi ini salah satu bintang yang telah hancur duluan karna tertabrak atau menabrak bintang yang lain.

Ilustrasi - Gerhana Matahari Total - Internet

Manusia hanya berpikir jauh dengan ilmu manajemennya, bukan mengetahui takdir masa depan atau masa lalu dan sekarang, namun dengan akal dan hati inilah sejatinya, manusia harus mengerti kenapa Tuhan menciptakan alam raya ini dengan fenomena-fenomenanya, sudah seharusnya kita takut akan Tuhan, kita ini hanya butiran atom bahkan lebih kecil dari itu bila dibandingkan bumi, atau bulan dan matahari sekalipun.

Matahari dan bulan hanyalah dua hal yang sangat kecil dibandingkan bintang-bintang yang lain, lantas apakah kita masih merasa besar, lalu menyombongkan keeksistensian kita? Sombong adalah dosa tertua di muka bumi, mari jauhi kesombongan dan berusaha semampunya mendekatkan diri kepada Sang Pengatur Alam Semesta.




Spoiler

Berkaitan dengan fenomena gerhana yang sedang melintas di negara ini, menguak benak saya akan dua metode dalam penentuan 1 syawal yang sering berbeda, Rukyatul Hilal dan Hisab Hakiki

Pada prinsipnya semua metode itu punya dasar, begitupun ahli Falaq tersebut, saya lihat dari uraiannya beliau menggunakan dasar rukyah, karna beliau menggunakan metode melihat dan ada juga beberapa golongan yang menggunakan hitung2an (atau hisab) sekarang akurat mana kita ndak tau pasti, hanya Allah yang Maha Tau.

Bgini lebih tepatnya, semua mekanisme alam ini sangatlah matematis, garis edarnya pun berjalan sesuai ritmenya, bila dilihat dengan kedua metode tersebut, menurut pandangan singkat saya, metode hisab lebih akurat karena hitungan adalah ilmu pasti


Sedangkan rukyah, akan akurat karena dibantu teknologi yang canggih, namun ingat rukyah juga mendapat halangan (meski memakai teknologi ketika CUACA tidak sedang bagus) sehingga saya pikir setiap umat boleh menggunakan metode yang diyakini selama tidak mengganggu keyakinan orang dan terutama tidak Ikut2an, jarne kae, jarene iki, karna setiap muslim seyogyanya, bertanggung jawab atas semua pilihannya, dan bukan menyalahkan atau membenarkan tanpa dasar yang jelas
Reactions:

0 comments: